TIMIKA, Koranpapua.id- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Aparatur Sipil Negara (ASN) Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif (BerAKHLAK) Pelayanan Publik Berkualitas, Rabu 8 November 2023.
Kegiatan dibuka Asisten Bidang Administrasi dan Umum Setda Mimika, Hendritte W. Tandiyono, Hadir juga Kepala Dinas Dukcapil Mimika, Slamet Sutedjo, serta narasumber dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Republik Indonesia (RI).
Mengutip https://mimikakab.go.id (Kominfo), Bupati Mimika dalam sambutannya yang disampaikan Hendriette mengatakan, Bimtek ini diadakan sebagai wujud nyata dari strategi transformasi penguatan pengelolaan budaya kerja ASN, menuju pemerintahan berkelas dunia (world class government).
“ASN harus bangga dapat melayani masyarakat. Dengan profesionalisme dan integritas, ASN harus menjadi agen perubahan yang mampu memberikan pelayanan publik yang berkualitas dan memuaskan masyarakat,“ pintanya.
Menurutnya, bimtek ini bertujuan untuk menyeragamkan nilai-nilai dasar ASN yang saat ini masih bervariasi di setiap instansi pemerintahan, baik pusat maupun daerah.
Sehingga perlu untuk mengingat kembali tentang nilai-nilai dasar ASN yaitu Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif (BerAKHLAK) dan kolaboratif.
“Nilai-nilai dasar tersebut harus menjadi landasan bagi seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam melaksanakan tugas dan fungsinya,” tegasnya.
Ditambahkan, dalam rangka pembentukan karakter ASN yang profesional dalam melaksanakan pelayanan publik, serta memiliki nilai- nilai inti ASN yang sama dalam memperkuat budaya kerja, maka pemerintah telah memberikan arahan agar seluruh instansi pemerintah dan daerah, agar mengimplementasikan core value (nilai dasar) ASN berAKHLAK dan employer branding ”ASN bangga melayani bangsa”.
Mengakhiri sambutan Bupati, Hendritte berharap kegiatan ini dapat menjadi pedoman bagi pelaksanaan pekerjaan, serta menjaga harmonisasi dan membangun komunikasi yang baik antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD).
“Saya berharap, ASN berAKHLAK ini dapat dijadikan pedoman dan dasar dalam pelaksanaan setiap pekerjaan yang kita lakukan sehari-hari, serta mengingatkan setiap OPD agar menjaga harmonisasi di lingkungan kantor masing-masing dengan sinergitas yang ada, dan senantiasa membangun komunikasi yang baik antara atasan dan bawahan,” pintanya.
Hendriette mengungkapkan, hal ini akan berdampak terhadap peningkatan kinerja ASN nantinya, agar dalam melaksanakan tugas, dapat bekerja dengan penuh rasa bangga dan menerapkan nilai-nilai ASN berAKHLAK dalam pelaksanaan tugasnya.
”Menjadi ASN harus selalu memiliki komitmen yang tinggi untuk memberikan pelayanan secara jujur, berintegritas, bertanggungjawab, dan tidak menyimpang dari kode etik ASN,“ tegas Hendritte. (Redaksi)
Dengan tertanamnya nilai-nilai utama berAKHLAK sebagai budaya kerja, melandasi kinerja dan perilaku ASN, diharapkan mampu menyeimbangkan harapan dan ekspektasi organisasi terhadap ASN.
”Mari tingkatkan kinerja secara terus menerus, selalu belajar untuk menambah kapasitas, dan menyesuaikan perilaku dengan core values, sehingga setiap ASN menjadi siap dan bangga melayani bangsa,” pungkasnya mengakhiri sambutan Bupati Mimika. (Redaksi)