TIMIKA, Koranpapua.id– Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, terus meningkatkan pelayanan kesehatan dasar serta memperkuat program prioritas demi menjaga kesehatan masyarakat.
Seperti yang sudah dilakukan Puskesmas Karang Senang, salah satu fasilitas kesehatan yang langsung berada di bawah kewenangan Dinkes Mimika. Puskesmas ini terletak di Kelurahan Karang Senang SP3, Distrik Kuala Kencana.
Bagaimana capaian dan tantangannya dalam pelayanan kesehatan di Puskesmas tersebut?
Berikut disampaikan Mariana Sombodatu, Kepala Puskesmas Karang Senang melalui Rosdiana Ongan, Penanggung Jawab Imunisasi kepada koranpapua.id di ruang kerjanya Jumat 28 November 2025.
Pelayanan Kesehatan Dasar: Capaian dan Kendala Imunisasi
Rosdiana mengungkapkan, capaian imunisasi dasar bayi dan Balita di Puskesmas Karang Senang hingga Oktober 2025 telah mencapai 78 persen.
Pelayanan dilakukan melalui 13 Posyandu serta pelayanan dalam gedung yang berlangsung setiap bulan.
“Kader Posyandu berjumlah 69 orang dan menjadi ujung tombak kami di lapangan,” jelasnya.
Namun Rosdiana mengakui, masih terdapat kendala terutama pada tingkat pengetahuan masyarakat, di mana sebagian orang tua masih menganggap imunisasi tidak diperlukan jika anak terlihat sehat.
“Jadi pemahaman masyarakat tentang pentingnya imunisasi itu masih harus terus ditingkatkan,” jelasnya
Pemantauan Gizi dan Stunting
Setiap bulan, tim imunisasi, gizi, promosi kesehatan, dan malaria turun bersama ke Posyandu untuk memantau tumbuh kembang anak.
Terdapat empat kasus stunting di wilayah Karang Senang, beberapa di antaranya dipicu oleh kelainan bawaan.
“Puskesmas memberikan pendampingan intensif, termasuk pemberian makanan tambahan berbahan lokal dan dukungan susu khusus bagi anak dengan kondisi medis tertentu,” ujar Rosdiana.
Program Prioritas: SPM, Malaria, Obat, dan Vaksin
Capaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) di Puskesmas Karang Senang rata-rata sudah berada di atas 80 persen, bahkan beberapa indikator telah mencapai 100 persen.
Rosdiana menyebut, indikator yang masih menantang adalah pelayanan kepada wanita usia subur, yang masih berada di kisaran 60 persen, namun kini sedang digenjot agar melampaui 95 persen.
Untuk malaria, Puskesmas Karang Senang menerapkan inovasi kader jumantik rumah tangga yang melibatkan warga dan para ketua RT. Inovasi ini bahkan meraih penghargaan dari Bappeda.
“Setiap rumah minimal punya satu orang pemantau jentik. RT juga kami libatkan. Tim Kesling hampir setiap hari melakukan pemantauan dan menyediakan bubuk abate ke tiap wilayah berisiko,” ungkapnya.
Terkait obat dan vaksin, Rosdiana mengakui ketersediaan saat ini masih aman. “Karena kita BLUD, kalau ada kekurangan obat bisa langsung dipenuhi menggunakan dana BLUD,” jelasnya.
Inovasi dan Digitalisasi Layanan
Puskesmas Karang Senang telah menerapkan sistem pelayanan cepat berbasis kategori pasien. Layanan untuk Lansia, ibu hamil, bayi, dan Balita disediakan melalui jalur khusus tanpa antre.
Inovasi lainnya termasuk Medical Check-Up gratis tanpa pendaftaran di loket depan, pengambilan sampel darah di ruang khusus, dan hasil pemeriksaan dikirim melalui WhatsApp Group untuk mempermudah penerimaan informasi pasien.
“Respon masyarakat positif karena proses layanan jadi lebih cepat,” tambahya.
Kesehatan Lingkungan dan Promosi Kesehatan
Rosdiana mengakui masalah sanitasi masih menjadi tantangan besar di wilayah Karang Senang, terutama akibat banyaknya galian dan parit tersumbat.
Kondisi ini memicu peningkatan jentik nyamuk, terutama pada musim hujan.
Mengatasi itu, Puskesmas Karang Senang bekerja sama dengan kelurahan dan RT untuk menggalakkan kerja bakti bulanan.
Termasuk mengedukasi masyarakat melalui mobil Promkes, serta melakukan penyuluhan rutin di Posyandu, sekolah, dan area pelayanan.
Upaya tersebut terbukti menurunkan angka jentik di beberapa titik yang sebelumnya menjadi lokasi rawan malaria. “Setelah kerja bakti, angka jentik di beberapa titik menurun,” katanya.
Tantangan dan Isu Aktual
Menurut Rosdiana, tantangan terbesar saat ini adalah banyaknya masyarakat pendatang non-OAP yang belum memiliki identitas, seperti NIK atau KK. Hal ini berdampak pada kepesertaan JKN dan proses administrasi pelayanan.
Selain itu, Karang Senang merupakan wilayah transit, sehingga menjelang hari-hari besar keagamaan banyak warga dari wilayah pegunungan datang berobat dalam jumlah besar.
Meski demikian, Puskesmas memastikan semua pasien tetap dilayani. “Tetap kami layani semua dan gratis untuk OAP. Tidak ada penolakan. Kalau pendatang tanpa JKN hanya bayar Rp30.000 untuk berobat umum,” jelasnya.
Penanganan Stunting, ISPA, dan DBD
Program stunting dijalankan dengan pemberian makanan tambahan selama 60 hari sesuai juknis. Sedangkan untuk ISPA dan DBD, edukasi PHBS terus digencarkan.
Sementara untuk peningkatan kasus ISPA dan DBD, Puskesmas memperkuat edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta melakukan penyuluhan harian melalui tim Promkes. (*)
Penulis: Hayun Nuhuyanan
Editor: Marthen LL Moru










