TIMIKA, koranpapua.id- Terhitung sejak Selasa 8 September sampai dengan Minggu 14 September 2025, akan terjadi penurunan kualitas layanan Broadband 4G Telkomsel & IndiHome.
Gangguan internet ini terjadi di tiga wilayah yakni, Provinsi Papua Tengah, Papua Barat dan Papua Selatan.
Penurunan kualitas ini, sehubungan dengan masih dilakukannya proses perbaikan permanent recovery pada kabel laut Sorong-Merauke oleh PT. Telkom Indonesia (Persero).
Demikian pernyataan Yasrinaldi, General Manager Region Network Operations and Productivity Telkomsel Maluku and Papua, dalam keterangannya yang diterima koranpapua.id, Rabu 10 September 2025.
Disampaikan bahwa, penurunan kualitas layanan terjadi sudah terjadi sejak Selasa 9 September sampai dengan Rabu 10 September 2025.
Selanjutnya pada hari Jumat 12 September sampai dengan, Minggu 14 September 2025.
“Untuk penurunan kualitas layanan internet 4G Telkomsel dan IndiHome akan terjadi di wilayah Kabupaten Merauke, Boven Digoel dan Kabupaten Kaimana,” ujarnya.
Layanan akan disesuaikan dengan kapasitas bandwidth dan kecepatan yang terbatas menggunakan akses link backup radio terestrial dan satelit.
Sementara itu, layanan telepon dan SMS akan tetap berjalan normal. Pelanggan di wilayah tersebut juga dapat mengaktifkan bantuan komunikasi berupa kuota 1000 SMS dan Telfon 60 Menit hanya dengan Rp1, melalui UMB *888*20# selama periode penurunan kualitas layanan.
Dikatakan, penurunan kualitas layanan IndiHome juga akan terjadi di wilayah Kabupaten Mimika, Asmat, Mappi, Nabire dan Waropen.
Sementara itu, layanan Internet 4G Telkomsel, telepon dan SMS akan tetap berjalan normal.
“Selama proses perbaikan berlangsung, pelanggan yang berada di wilayah Merauke dan Mimika dapat menikmati layanan internet gratis di Posko Merah Putih Telkomsel yang tersedia di beberapa titik strategis,” pungkasnya.
Terkait dengan gangguan ini, Telkomsel menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan oleh pelanggan di wilayah-wilayah terdampak.
“Kami mengapresiasi kepercayaan pelanggan yang tetep setia menggunakan layanan Telkomsel,” pungkasnya.
Telkomsel berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik dan akan terus memberikan pembaruan secara berkala terkait perkembangan perbaikan SKKL ini.
Untuk layanan pelanggan, dapat menghubungi 188 atau kanal media sosial resmi Telkomsel di facebook.com/Telkomsel, X/Twitter @telkomsel, dan Instagram @telkomsel. (*)
Penulis: Hayun Nuhuyanan
Editor: Marthen LL Moru