TIMIKA, Koranpapua.id- Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Puskesmas Karang Senang terus melakukan berbagai upaya dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat yang berkualitas.
Salah satu upaya yang dilakukan Puskesmas yang berada di Kelurahan Karang Senang, SP3, Distrik Kuala Kencana, Mimika, Papua Tengah itu, yakni mulai menerapkan Inovasi Bersinar.
Melalui Inovasi Bersinar, Puskesmas menyediakan fasilitas pelayanan untuk menjawab sejumlah permasalahan terkait dengan kecemasan keluarga pasien pada semua tingkat usia saat berkunjung ke Puskesmas.
Inovasi Bersinar yang sudah berjalan sejak awal tahun 2024 itu dapat dimanfaatkan untuk mengisi waktu ketika masih menunggu hasil pemeriksaan laboratoriun yang bisa memakan waktu 45 – 60 menit.
Dapat juga dijadikan tempat bermain anak-anak yang kebetulan ikut bersama orang tuanya yang lagi berobat di Puskesmas.
“Mungkin di rumah tidak ada yang jaga, terpaksa bawa serta anak ke Puskesmas, yah kita siapkan tempat bermainnya anak-anak,” ujar Mariana Sombodatu, Kepala Puskesmas Karang Senang, Rabu 25 September 2024.
Fasilitas yang ada juga dapat dimanfaatkan anggota keluarga lain yang juga turut serta saat membawa adik, kakak atau saudara berobat di Puskesmas.
“Termasuk pelayanan yang tidak ramah oleh petugas kesehatan dan ruangan khusus bagi ibu yang menyusui (ASI eksklusif)
Puskesmas Bersinar yang artinya Bermain, Edukasi, Ruang Baca, Support untuk ASI, Informasi Kesehatan, Nyaman, Aman, Ramah.
Adapun beberapa fasilitas yang disiapkan dalam mendukung Aplikasi Bersinar ini yakni,
- Taman Bermain bagi anak
- Pojok Membaca
- Pojok ASI
- Televisi Edukasi Kesehatan
- Pelayanan yang ramah
- Tanaman Obat Keluarga
- Lingkungan yang aman, nyaman dan estetika bagi pengunjung.
Pelayanan inovasi ini berhubungan dengan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diantaranya, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Distrik Kuala Kencana.
Termasuk Dinas Kesehatan dan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS), Bagian Ortal Setda Mimika dan Dinas Pertanian.
Dijelaskan melalui kolaborasi ini, Disdukcapil menyediakan data identitas yang akurat dan membantu Puskesmas dalam mengidentifikasi pasien.
Termasuk memastikan bahwa layanan yang diberikan tepat sasaran. Disdukcapil juga memberikan contoh sebuah pelayanan publik yang sangat ramah pengunjung.
Puskesmas Karang Senang juga berkolaborasi dengan Distrik Kuala Kencana yang bertanggung jawab dalam merumuskan kebijakan kesehatan yang mendukung pengembangan Puskesmas, termasuk menciptakan lingkungan yang ramah bagi pengunjung.
Dikatakan, Puskesmas Karang Senang juga sebagai salah satu fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS dalam memberikan layanan kesehatan kepada peserta JKN (Jaminan Kesehatan Nasional).
Dengan memiliki Jaminan Kesehatan akan berdampak mengurangi rasa cemas pada pasien.
Sementara Dinas Kesehatan bertanggung jawab dalam merumuskan kebijakan dan standar pelayanan yang harus dipenuhi oleh seluruh Puskesmas.
Kebijakan ini mencakup aspek pelayanan yang ramah, nyaman, dan estetika.
Dinas Kesehatan juga berperan aktif dalam mensosialisasikan kebijakan serta memberikan pelatihan kepada petugas Puskesmas terkait dengan peningkatan kualitas pelayanan, termasuk aspek kenyamanan dan estetika.
Termasuk melakukan pengawasan dan monitoring secara berkala terhadap pelaksanaan pelayanan di Puskesmas untuk memastikan bahwa kebijakan yang telah ditetapkan dilaksanakan dengan baik.
“Memfasilitasi Puskesmas dalam mendapatkan sumber daya yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan, seperti peralatan medis, obat-obatan, dan sarana prasarana yang mendukung kenyamanan pasien,” jelasnya.
Untuk Bagian Ortal, menyusun Prosedur Kerja Standar (SOP) untuk berbagai jenis pelayanan di Puskesmas, guna memastikan pelayanan berjalan dengan baik dan konsisten.
Serta melakukan evaluasi terhadap kinerja Puskesmas secara berkala, baik dari segi pelayanan maupun manajemen.
Untuk Dinas Pertanian berperan dalam menyediakan bibit tanaman obat berkualitas, serta memberikan informasi mengenai jenis tanaman obat yang cocok ditanam di suatu daerah, cara budidaya, dan khasiatnya.
“Juga dapat memberikan pelatihan kepada masyarakat tentang teknik budidaya tanaman obat yang baik”.
Selain Inovasi Bersinar, Puskesmas Karang Senang juga memiliki dua inovasi lainnya yaitu pentas Buhabalad dan Gemas Jumanti.
Inovasi Pentas Buhabalad yaitu inovasi terkait pelayanan prioritas yang diberikan bagi ibu hamil, bayi, Balita, Lansia dan penyandang disabilitas.
Pelayanan prioritas yang dimaksud adalah dengan memberikan antrian khusus membedakan dengan pasien umum lainnya. (Redaksi)