NABIRE, Koranpapua.id– Dr. Ribka Haluk, S.Sos, MM, Pj. Gubernur Papua Tengah melantik 392 pejabat Eselon II, III, dan IV di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua Tengah, Rabu 17 Juli 2024.
Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, dan Pejabat Pengawas ini dilaksanakan di Aula Kantor Gubernur Papua Tengah di Nabire, berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Papua Tengah Nomor 800.1.3.3-106 Tanggal 17 Juli 2024.
Dari 392 pejabat yang dilantik, terdapat dua pejabat eselon II, yaitu Kepala Badan Pengelola Pendapatan, Keuangan, dan Aset Daerah, Yohan Tono Tenaouye, dan Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Papua Tengah, Dr. Zakharias F. Marey, S.Sos., MT.
“Perlu saya sampaikan bahwa pelaksanaan pelantikan ini telah melalui tahapan sesuai dengan ketentuan tentang Manajemen ASN,” ujar Ribka dalam sambutannya.
Sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil dan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 116 Tahun 2022 tentang Pengawasan dan Pengendalian Pelaksanaan Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria Manajemen Aparatur Sipil Negara.
Ribka menegaskan bahwa pelantikan pejabat merupakan bagian dari kehidupan dan kebutuhan organisasi dalam rangka peningkatan kapasitas dan karir pegawai.
Selain itu, pelantikan ini bertujuan untuk mengisi kekosongan jabatan serta melakukan penyegaran melalui mutasi dan promosi jabatan guna memperlancar tugas pemerintahan dan pelayanan publik.
“Pertimbangan utama dalam menentukan jabatan bagi setiap pegawai didasarkan pada kompetensi, kinerja, pengabdian, dan komitmen terhadap tugas serta tanggung jawab,” tandasnya.
Oleh karenanya, Ribka meminta setiap pejabat untuk terus melakukan kreativitas dan inovasi dalam bekerja, memiliki wawasan yang luas, serta siap membantu pimpinan dalam merumuskan dan melaksanakan kebijakan.
Ribka mengharapkan agar para pejabat yang dilantik dapat menunjukkan kinerja yang maksimal, loyalitas, dan disiplin yang tinggi.
Pemerintah Provinsi Papua Tengah saat ini membutuhkan pejabat yang siap bekerja dengan pemikiran dan langkah strategis, serta terobosan baru yang inovatif, agar pelayanan kepada masyarakat lebih cepat dan tepat.
Pemprov Papua Tengah telah menetapkan berbagai program prioritas yang perlu dijalankan. Oleh karena itu, diharapkan adanya kemauan kuat untuk meningkatkan kinerja dan dapat bekerja sama dalam menghadapi dinamika organisasi pemerintah.
“Pesan saya kepada seluruh pejabat yang dilantik adalah agar dapat bersinergi dan bekerja sama dengan seluruh pihak terkait dalam membentuk manajemen organisasi yang baik sesuai dengan tugas pokok dan fungsi jabatan,” paparnya.
Dalam menjalankan tugas, lanjut Ribka Haluk, seluruh ASN merupakan suatu kesatuan yang berkewajiban bersama-sama melaksanakan jalannya roda pemerintahan dan pembangunan di bawah kepemimpinannya sebagai Pj Gubernur.
“Jalankan pemerintahan, pelayanan, pembangunan, dan pemberdayaan dengan baik sesuai aturan, ketentuan, dan mengikuti dinamika yang terus berkembang. Kita harus melayani, bukan dilayani,” tandas Ribka. (Redaksi)